Kamis, 01 Desember 2011

SOP Kamera Video Profesional

Categories:



Kamera video mungkin sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. film, iklan, berita yang menghiasi televisi adalah hasil dari kamera video. Setiap stasiun televisi memiliki standar video yang layak untuk ditayangkan dalam program acaranya, dengan demikian untuk memenuhi standar tayangan-tayangan yang berkualitas di butuhkan tenaga ahli yang handal dalam mengoperasikan kamera video tersebut.

Untuk memenuhi standar tersebut, maka kamera profesional harus di setting terlebih dahulu. Ada beberapa langkah dalam men'setting' kamera profesional agar hasilnya sesuai dengan standar broadcast. berikut langkah yang perlu dilakukan seorang kameraman sebelum mengambil gambar sesuai SOP (Standar Operasional Procedure) : 
  1. Pertama-tama masukan VCR (Video Cassette Recorder) pada VTR (Video Tape Recorder)
  2. Reset timecode ke 00.00.00 untuk mengetahui durasi yang terpakai
  3. Untuk lebih mudah mensetting kamera video profesional dengan menga'Auto'kan, lalu di pindahkan lagi ke manual setting.
  4. Setting filter color untuk cahaya ke kuningan (dalam ruangan) 3200 derajat kelvin, untuk cahaya putih (dalam ruangan) 5000-5600 derajat kelvin, sedangkan untuk diluar ruangan (out door) 5600 derajat kelvin, jika cahaya sangat terik tambahkan filter ND (Neutral Density) untuk mengurangi intensitas cahaya kuat yang masuk.
  5. Lakukan WB (White Balance) agar warna putih yang terekam sesuai dengan keadaan cahaya. WB dapat dilakukan dengan men'zoom' kamera ke benda putih di sekitar, lalu blurkan fokus dengan memutar ring fokus pada lensa (fokus terlebih dahulu di manualkan), lalu tekan tombol white balance sampai muncul 'white balance ok' pada view finder / sampai muncul logo white balance, setelah itu fokuskan kembali pada objek.
  6. Buka dan setting iris agar cahaya yang masuk sesuai sehingga gambar tidak terlihat flat atau gelap.
  7. Yang tidak boleh tertinggal adalah setting audio level jangan sampai under atau over.
  8. Kamera siap untuk digunakan
NB :
  • Jika kamera digunakan pada ruangan berbeda dengan tingkat intensitas cahaya yang berbeda, maka harus dilakukan White Balance lagi dan harus mengatur iris lagi.
  • Jika pengambilan gambar di luar ruangan (out door) maka iris harus di pantau terus karena intensitas cahaya terus berubah,.

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

1 Response to SOP Kamera Video Profesional

1 Desember 2012 pukul 00.46

test gan

Posting Komentar