Senin, 11 Januari 2010

Sejarah Facebook

Categories:

Setelah friendster muncullah facebook.. pasti kawan sudah tidak asing dan tau banget dengan facebook atau bahasa gaulnya FB. apakah anda tahu asal usul dari facebook??
pada bahasaan ini saya akan membahas tentang sejarah dan perkembangan facebook..

Mark Zuckerberg seorang mahasisiwa Harvard membuat sebuah situs kontak jodoh untuk rekan-rekan kampusnya. Zuckerberg yang terinspirasi dari situs Hot or Not menamai situs buatannya Facemash.com. Metode situs ini yaitu menampilkan dua foto pasangan (pria dan wanita), di mana selanjutnya dua pasangan ini akan dipilih oleh para anggota situs mana pasangan yang paling “hot”. untuk mendapatkan foto teman-temannya itu lalu Zuckerberg membobol akses jaringan kampusnya, ternyata pembobolan tersebut diketahui oleh pihak kampus sehingga situs Facemash.com diblokir.

Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh awalnya facebook didedikasikan untuk mahasiswa harvard saja sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard yang alamatnya URL: http://www.thefacebook.com. kemudian ia berusaha mengembangkan situsnya dibantu oleh Mereka adalah Eduardo Saverin (analis usaha), Dustin Moskovitz (programmer), Andrew McCollum (desainer grafis), dan Chris Hughes.

Pada September 2005 Facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa., Facebook pun membuka jaringannya untuk para siswa SMU. Beberapa waktu kemudian Facebook juga membuka jaringannya untuk para pekerja kantoran. Dan akhirnya pada September 2006 Facebookmembuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat e-mail.

Selain menolak tawaran dari Friendster seharga 10 juta US Dollar, Zuckerberg juga pernah menolak tawaran dari Viacom yang ingin membeliFacebook seharga 750 juta US Dollar, dan tawaran dari Yahoo yang ingin membeli Facebook seharga 1 milyar US Dollar.

Bulan September 2007, Microsoft mengumumkan telah membeli 1,6% saham Facebook senilai USD 15 miliar. Dalam pengambilan saham ini juga tercakup kesepakatan bahwa Microsoft memiliki hak untuk memasang iklan mereka di Facebook. Melihat langkah ini sejumlah pemain raksasa lain seperti Google,Viacom, Friendster juga mengungkapkan minat mereka untuk berinvestasi di Facebook. Sebelumnya di tahun 2006, Yahoo! telah menawarkan tawaran akuisisi senilai USD 1 miliar. November 2007, seorang miliuner Hongkong Li Ka-shing menanam investasi senilai USD 60 juta di Facebook.

Pada Agustus 2008, majalah Business Week melaporkan sejumlah pihak lain telah ikut menanamkan saham di Facebook sehingga diperkirakan nilai Facebook berkisar antara USD 3.75 miliar sampai USD 5 miliar

Tidak ada situs jejaring sosial lain yang mampu menandingi daya tarikFacebook terhadap user. Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya Lebih dari 25 juta user aktif menggunakanFacebook setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19 menit perhari untuk melakukan berbagai aktifitas di Facebook.

data ini diperoleh dari berbagai sumber digoogle..

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

4 Response to Sejarah Facebook

12 Januari 2010 pukul 03.04

Nice info sob......tapi sekarang keinginan q untuk facebookan telah terkikis....entah mengapa....

14 Januari 2010 pukul 19.57

terlalu asik blog an kali sob...
hehehe

16 Januari 2010 pukul 07.29

masih belum update sob?

17 Januari 2010 pukul 00.38

lagi sibuk om..
banyak tugas..

Posting Komentar